Sabtu, 05 Desember 2009

Meskipun tertelan isu Honda CS-1 (City Sport), ada desas-desus bahwa Honda akan mengeluarkan new Revo, semoga saja tidak seperti new Revo boongan seperti baru-baru ini. Sedikit tercium saat Bangkok International Motor Show ke 29. Ada motor konsep Honda dengan basis mirip mesin yang dipakai Honda Revo, bedanya?

CZ Motard

Yang paling utama dari motor ini adalah penggunaan sistem injeksi sebagai pengganti karburator. Wah aneh, mengingat di sini (atau di Asia Tenggara pada umumnya) injeksi belum populer dan masih untuk motor kelas atas saja. Apalagi injeksi kali ini diaplikasikan pada motor bebek kelas bawah-110 cc.

Sebenarnya pengaplikasian injeksi pada CZ Motard merupakan salah satu bukti komitmen Honda Thailand untuk mewujudkan produk yang lebih ramah lingkungan. Apalagi ApHonda (Honda Thailand) mencanangkan pada tahun 2009, semua produk ApHonda harus menggunakan injeksi, sebuah komitmen yang besar menurut saya.

Pengaruh injeksi pada motor ini lumayan besar, terutama dari sisi emisi. Menurut ApHonda, penggunaan injeksi di motor ini mengurangi kadar emisi sampai 80%, sebuah angka yang fantastis. Dan juga dari sisi performa mengalami peningkatan sampai 15-20%. Semua dibandingkan dengan mesin Honda Wave 100 (di sini Honda Fit-X).

Bisa demikian karena penggunaan injeksi diatur dengan cermat oleh ECU (Engine Control Unit) yang dilengkapi dengan 5 sensor untuk kekuratan penyemprotan bahan bakar. Ada juga sensor oksigen di lubang exhaust yang diklaim benar-benar baru. Mesin ini juga dapat mengurangi gesekan sampai 14%. Sistem pengereman mengguanakan Combi Brake seperti pada Honda Click.

The Next Revo?

Bisa saja, apalagi sebenarnya basis mesinnya sama, jadi tidak perlu pengubahan yang macam-macam. Mungkin dari sisi body perlu ubahan sedikit terutama pada sektor lampu depan yang dirasa masih kurang garang.

Masalahnya mungkin adalah harga. Biasa, AHM selalu menetapkan harga yang tinggi dan terkadang over priced dan itu bisa saja terjadi pada Revo bila dipasangi injeksi (ingat Supra Injeksi ?). Dan lanjutan dari masalah harga itu adalah menurunnya penjualan dan bersambung ke kelangsungan hidup Revo.

Yah, pintar-pintarlah mengatur harga…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar